Make your own free website on Tripod.com

UKI TERTAWA

 

Peterpan punya dua gitaris. Tapi Mohamad Kaustar Hikmat bias dibilang sebagai gitaris yang paling tau sejarah Peterpan. Tapi kenapa pula dia hati-hati banget sama yang namanya perempuan.

Dibilang paling tau sejarah Peterpan karena cowok kelahiran Bandung, 5 Oktober 1981 ini bias dibilang satu-satunya personel udah berteman akrab sama sang fortmant Ariel dari sejak masih sekolah di SMP 14 Bandung. Dari pertemanan itulah, gitaris yang sekarang masih tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Sipil Itenas angkatan 2001 ini mulai bergaul lewat musik.

 

 

 

 

 

 

 

Biasalah waktu SMP itukan jamannya bawa-bawa gitar kesekolah . Doi tuh sama Ariel udah temenan. Kebetulan di deket rumah Ariel ada studio. Ya udah makin kenceng aja deh mereka iseng-iseng latihan band.

Dari studio yang konon bernama Asri itu, Uki dan Ariel mulai ngasah bakatnya di bidang musik. Lucunya, saking doyan ngeband, Uki punya beberapa band yang sering juga latihan di studio Asri. Sementara itu Ariel melakukan hal yang sama.

Uki punya band yang bawain lagu Oasis. Terus Ariel punya band yang bawain lagu-lagu Nirvana. Tapi mereka juga gabung bawain lagu brit-pop. Tapi asal tau aja hubungan anak band antara Uki dan Ariel nggak penah putus sampai mereka udah ngetop sebagai Peterpan. Waktu sekolah aja masih ngeband bareng padahal Uki sekolah di Tarbak(SMU Taruna Bakti) dan Ariel di SMU 23. Soalnya meeka udah punya band namanya Cholesterol, ya sekitar kelas satu SMU lah. Di band ini, Ariel nggak pernah jadi vokalis. Dia malah sempet pegang bas dan main drum.

Ada lagi cerita lucu seputar pertemuan Uki dan Ariel. Ternyata kalo ditarik balik dari awal. Mereka bukan dipertemukan oleh musik, melainkan oleh hobi gambar. Ceritanya waktu SMP, anak-anak Bandung selain lagi “diserang demam ngeband”, mereka juga diserbu sama trend ngegambar. Gambar robot dan superhero emang lagi booming di Bandung sekitar tahun 1995-1996.

Uki yang emang punya bakat seni, termasuk salah satu jagoan gambar disekolahnya. Tapi tiba-tiba posisinya terancam dengan hadirnya anak baru yang direken lebih jago darinya. Anak itu nggak lain adalah Ariel. Karena Ariel masih anak baru dan nggak punya temen, Uki berasa diatas angin. Biasalah waktu di SMP doi nganggap Ariel adalah saingan.

Eh ternyata tanpa diduga, teman akrab Uki (konon bernama Iqbal, vokalis Cholesterol) malah temenan sama Ariel gara-gara rumahnya deketan. Karena penasaran, Uki pun ngejajal berteman sama Ariel dan merea pun jadi akrab. Ya, ngegambar bareng sampai lagu pertama Ariel yang ada di album Taman Langit pun diperlihatkan ke Uki duluan.

Kalo ngeliat kuliah Uki, harusnya saat ini dia udah mulai sibuk berat mempersiapkan studinya untuk tugas akhir atau skripsi. Tapi ternyata nggak tuh. Karena kesibukannya bareng Peterpan, kuliahnya jadi terbengkalai . malah, dia memutuskan untuk ngambil cuti selama satu tahun. Kayaknya udah mulai susah antara bagi waktu studi dan musik.

Ternyata bukan Cuma bingung bagi waktu, Uki pun ngaku kalo dia udah harus milih antara kuliah dan Peterpan. Dan kayaknya Uki akan milih bersama Peterpan.

Cowok penyeruput soda float ini inget banget waktu masih kecil suka diketawain orang kalo ditanya soal cita-cita. Wajar aja, soalnya Uki selalu bilang kalo dia pengen jadi musisi. Keinginannya itu bertambah besar gara-gara video klip Oasis yang ditontonnya waktu SMP, Uki langsung berkata mantap dalam hati : Pengen main musik! Video klip yang dilihatnya adalah Wonderwall milik Oasis dari album What’s the story Morning Glory. Sampai saat ini lagu dan video itu nggak pernah bisa dihilangkan dari pikirannya.

Setelah menghabiskan masa SMP dengan tiap hari bawa gitar bolong ke sekolah, pas masuk kelas satu SMU, dia pun merengek ke Bapaknya untuk dibelikan gitar listrik. Akhirnya pas ulangtahun yang ke-17, doi dapat gitar Squire Telecaster pertamanya, dari situ doi mulai gila-gilaan ngeband.

Sekarang Uki pun sdadar studi-nya di Itenas, Bandung bakal makin tertinggal seiring dengan makin ngetopnya Peterpan. Bapaknya pun udah berkali-kali mewanti-wanti supaya Uki cepat membuat pilihan, mau keluar atau terus mendalami musik.

Bapak sebenarnya nggak masalah kalo doi serius di musik> Tapi buat dia lebih bagus kalo Uki pada akhirnya sekolah musik. Karena kesibukannya di Peterpan, nilai dia untuk semester 3 praktis 0 semua gara-gara nggak pernah ikutan ujian. Makanya mendingan doi sekarang cuti dulu biar nggak pusing.

Bersama Peterpan, bagi Uki memang sebuah pengalaman baru yang banyak ngasih pelajaran. Gimana nggak, mulai dari pembagian kelas band-band di Bandung sampai niat untuk keluar dari dunia keartisan pada umur 30 tahun, semua udah ada diotaknya.

Dulu, waktu Peterpan masih merambah dari kafe ke kafe, ternyata nggak bikin Uki ngerasa pede karena banyak jam terbang. Di Bandung ternyata ada cara cepat untuk mendapatkan kepedean di panggung. Di Bandung kalo ada band yang tembus audisi di Fame Station, berarti udah bisa dibilang jalur industri rekaman terbuka lebar. Kelas band itu dengan sendirinya akan naik. Dia juga ingat gimana Peterpan sempet gagal diaudisi Fame gara-gara steman gitarnya lupa dibenerin. Mereka gagal gara-gara abis bawain Creed yang steman senar 6-nya diturunin setengah. Eh, pas disuruh nyanyi lagu lain, mereka lupa stem ulang. Akhirnya gagal tembus deh.

Walaupun akhirnya bisa manggung di Fame dan bisa rekaman, Uki pun tetap hati-hati ngejalanin popularitas. Baginya ada dua yang musti diawasi yaitu uang dan cewek. Yang pertama bisa ngancurin band dari segi manajemen dan urusan cewek bisa ngancurin band dari segi hubungan personel.

Saking hati-hati dalam urusan cewek, Uki pun memilih ngejomblo. Abis cewek itu bikin repot katanya.

Wajar aja kalo ceweknya resah. Soalnya sealin Ariel, perhatian cewek juga banyak yang singgah ke gitaris yang kata temen-temennya mirip om Tommy Soeharto ini. Tapi ada juga sih yang keterlaluan bikin sampai sebel Uki, masak ada yang rela ditidurin segala, trus ada yang nelponin rumah sambil ngobrol ama nyokap.

Kayaknya Uki masih jauh nih perjalanan cintanya. Tapi biar pun kesannya masih jauh dari perjodohan, hal itu nggak bikin dia lantas nggak nyiapin masa depan. Dari uang hasil jerih payah nge-band, sebagian udah dia beliin isi rumah, kayak perabotan, kasur, televise plus teman-temannya dan sofa.

Masa depan karirnya ternyata udah dipikrin juga. Buatnya, karir musik itu sama dengan sepak bola. Kalo udah umur 30 tahun, harus udah rela mundur. Makanya doi ingin jadi produser atau manajer kalo udah umur 30 tahun, jadi karirnya tetap di musik gitu.

Cara kerja Noey dan Capung dari Java Jive yang jadi produser Peterpan, diam-diam diperhatikannya. Mulai dari manajerial sampai ngurusin musik, pelan-pelan dipelajarinya. Makanya selain beli perabot rumah tadi, Uki juga meng-up-grade komputer rumahnya buat keperluan digital recording. Tujuannya jelas untuk belajar jadi produser dikemudian hari. 

 

10 hal yang di benci Uki :

 

Uki Kharismatik dan Setia

Uki lahir 5 November dan dinaungi bintang scorpio. Nggak heran jika memiliki sikap umum kaum scorpio, yaitu kharismatik dan sedikit posesif. Dengan charisma yang dimilikinya ini, dia sering menggoda dan menarik perhatian banyak orang. Jadi wajar dong kalau gitaris Peterpan ini banyak penggemarnya.

Dalam mencari pasangan, Uki selalu mencari cinta sejati. Sayangnya jika sudah menemukan yang tepat, dia bisa berubah posesif. Maklum deh, prinsip orang scorpio jika memiliki kekasih atau istri, dia harus siap disisinya.

 

UKI DAN KAMAR

 

 

 

 

 

 

 

Kalo ngeliat kamar gitaris Peterpan ini, kita bakalan ngerasa layak berada di sebuah fitting room alias tempat nyoba-nyoba baju di mall. Di dinding-dinding kamar ini banyak banget gambar-gambar seru. Ada gambar model-model cantik, pemain bola, poster band dan masih banyak lagi.

Dulu kamar ini milik kakaknya. Kamar kakaknya dulu kegedean. Makanya gue dikasih yang agak kecil kayak begini. Kalo dibilang konsep khusus, sih nggak ada. Cuma doi kepengen suasananya ramai aja. Kan lucu ngeliat ekspresi-ekspresi wajah-wajah yang ada di gambar. Bisa nambah semangat juga. Kalo ditanya inspirasinya itu dari mana? Kayaknya sih dari kamar ganti pakaian yang pernah doi lihat.

Selain gambar-gambar seru, isi kamar berukuran kurang dari 3x3,5 m ini juga dijejali dengan perabotan elektronik. Ada TV 21 inch merek Philips, DVD, VCD, Komputer multi audio CD, Amplifier, Audigi 2, speker aktif dan pasif. Satu lagi, barang yang kudu ada dimana pun Uki berada, yakni PS 2. Semua komplit berada satu lemari. Doi tuh pengen banget punya home teater di kamar.

Kalo ada sesuatu yang terjadi dikamar, yang Uki selamatkan pertama kali adalah gitar. Soalnya, barang inilah yang bisa menghasilkan semua isi kamarnya. Sayangnya letak kamar doi yang unik dan asik ini sedikit terganggu sama getaran pabrik yang persis dibelakang kamarnya. Getarannya nggak kenceng sih, tapi lumayan bikin males. Meskipun begitu, doi tetap nggak komplain kok. Baginya kamar itu adalah This is my paradise dan home sweet home.

 

KEMBALI